Kota Melbourne, adalah kota metropolitan pesisir dengan suasana kosmopolitan. Itu dianggap sebagai ibu kota budaya Australia, dan mudah untuk mengetahui alasannya. Melbourne adalah rumah bagi galeri, taman, museum, dan cagar alam. Ada banyak arsitektur menarik mulai dari struktur Victoria hingga desain kontemporer. Dengan makanan lezat, kehidupan malam, belanja, dan olahraga, Melbourne jelas merupakan pemenang liburan Australia. Ikhtisar atraksi terbaik di Melbourne:

1. Royal Exhibition Building

Pergilah ke distrik Carlton untuk mengunjungi Royal Exhibition Building yang megah. Dibangun pada tahun 1880, bangunan ini berfungsi sebagai tempat pertemuan untuk Parlemen Federal Australia yang pertama. Sementara bagian-bagian bangunan hilang karena kebakaran, aula utama masih berdiri, dengan langit-langit berkubah yang luar biasa. Royal Exhibition Building adalah tempat umum untuk acara dan konvensi lokal, tetapi Anda dapat berjalan langsung selama jam buka untuk tur mandiri. Jelajahi galeri yang luar biasa, perabotan yang indah, dan desain yang mengesankan dari arsitek asli, Joseph Reed.

2. Fitzroy Gardens

Tepat di tepi CBD, atau Kawasan Pusat Bisnis, adalah Taman Fitzroy. Taman ini berasal dari tahun 1848, ketika mereka disisihkan sebagai ruang publik. Pada saat itu, pendirian taman umum yang indah masih jarang, sehingga menjadi pengingat penting akan peran Melbourne sebagai kota rakyat dan sebagai kota taman. Karena Taman Fitzroy berusia lebih dari 160 tahun, taman ini memiliki sejumlah pohon yang lebih tua dan tinggi. Gum biru, willow, dan pohon elm semuanya populer selama abad ke-19. Hari ini, Anda dapat menjelajahi lanskap Victoria, tetapi Anda semua dapat melihat danau hias dan bahkan pondok tempat orang tua James Cook pernah tinggal, yang dibawa jauh-jauh dari Inggris ke Melbourne.

3. Hosier Lane

Masukkan cita rasa lokal ke dalam perjalanan Anda ke Melbourne dengan menjelajahi Hosier Lane. Hanya berjalan kaki singkat dari tepi Sungai Yarra, Hosier Lane adalah pusat seni dan budaya jalanan lokal. Jalur batu dilapisi dengan dinding yang berfungsi sebagai kanvas, dan masing-masing dihiasi dengan berbagai potongan. Anda dapat mengagumi sketsa yang digambar dengan tergesa-gesa di sebelah mural menggunakan warna-warna cerah dan berani. Ambil kamera dan berjalanlah di jalan Anda sendiri, atau ikuti tur berpemandu. Karena Anda berada di area tersebut, teruslah berjalan sampai Anda mencapai Rutledge, jalan galeri yang kurang dikenal tetapi sama-sama mengesankan di area tersebut.

4. Melbourne Zoo

Di distrik Parkville kota, Anda akan menemukan Kebun Binatang Melbourne. Kebun binatang ini istimewa karena hewan-hewan itu hidup di alam, habitatnya dirancang untuk kenyamanan hewan daripada pemandangan pengunjung. Sementara Kebun Binatang Melbourne menawarkan banyak hewan lokal, Anda juga akan menemukan beberapa spesies yang kurang umum. Jangan lewatkan Pameran Laut Liar, di mana Anda dapat melihat penguin dan anjing laut dari dekat. Yang juga patut diperhatikan adalah tempat pengamatan babon, tempat yang spektakuler di mana Anda dapat mencari anggota keluarga besar babon. Ada juga korsel Inggris abad ke-19 di kebun binatang yang pasti ingin dikendarai oleh anak-anak.

5. Federation Square

Jika Anda ingin masuk ke jantung dan jiwa Melbourne, pergilah ke Federation Square. Ini adalah tempat pertemuan utama di mana banyak penduduk setempat berkumpul, dan ini adalah tempat utama untuk orang-orang menonton. Ini juga merupakan tempat yang hampir pasti akan Anda lewati di beberapa titik, karena merupakan pusat transportasi utama dan situs Pusat Pengunjung kota. Federation Square adalah tempat Anda akan menemukan bagian Australia dari Galeri Nasional Victoria serta Pusat Australia untuk Gambar Bergerak. Datanglah untuk atraksi tetapi berlama-lama di kafe dan bar pinggir jalan untuk merasakan beberapa cita rasa lokal.

6. National Gallery of Victoria

Museum seni terbesar, tertua dan paling mengesankan di Australia terletak tepat di kota. Galeri Nasional Victoria, yang dikenal penduduk setempat sebagai NGV, menawarkan koleksi karya seni penting yang luar biasa. NGV sebenarnya terdiri dari dua bagian. Yang pertama, terletak di St. Kilda, disebut NGV International. Di sinilah Anda akan menemukan seni dari Eropa, Asia, dan Amerika. Di The Ian Potter Centre: NGV Australia, karya-karya datang dari penduduk asli, pemukim kolonial awal, dan seniman Australia kontemporer. Dua cabang NGC adalah rumah bagi karya Rembrandt, Monet dan Tom Roberts, hanya untuk beberapa nama.

7. Melbourne Cricket Ground

Stadion kriket terbesar di negara ini, dan salah satu yang terbesar di dunia, adalah Melbourne Cricket Ground. Terletak di Yarra Park, stadion ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai The G. Dibangun pada pertengahan abad ke-19, Melbourne Cricket Ground hampir selalu mengalami semacam pembaruan atau perombakan. Bahkan jika Anda tidak dapat menghadiri pertandingan kriket saat berkunjung, Melbourne Cricket Ground patut dikunjungi. Anda bebas untuk memeriksanya sambil menjelajahi Museum Olahraga Nasional, yang terletak di halaman.

8. Eureka Tower

Smack dab di pusat kota adalah Eureka Tower, dek observasi tertinggi di seluruh Melbourne. Jika Anda ingin pemandangan kota yang indah, ini adalah satu-satunya tempat yang layak untuk dikunjungi. Saat Anda berkunjung, Anda akan menuju ke salah satu lift kembar. Dalam waktu kurang dari 40 detik, Anda akan dibawa dari lantai dasar ke lantai 88. Jika Anda berani, Anda dapat menukar pemandangan Skydeck dengan sensasi The Edge. The Edge adalah kotak kaca di mana bahkan lantainya jernih, memberikan pemandangan yang tak tertandingi dari setiap sudut.

9. Queen Victoria Market

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Melbourne adalah Queen Victoria Market. Ini adalah pasar terbuka yang besar, salah satu yang terbesar di dunia, dan sudah ada sejak abad ke-19. Panggilan penduduk setempat adalah Queen Vic atau hanya Vic Market, dan nama itu bukan berasal dari Queen tetapi dari lokasinya di sudut Queen dan Victoria Streets. Cara terbaik untuk menjelajahi pasar adalah dengan berjalan kaki, menjelajahi kios-kios dan penjual yang menjual segala sesuatu mulai dari sayuran segar pertanian hingga perhiasan buatan tangan hingga barang-barang pakaian khusus. Ambil sesuatu yang enak untuk dimakan, atau beli minuman yang menyegarkan, dan habiskan hari Anda di lingkungan yang santai dan menyenangkan di jantung kota ini.

10. Royal Botanic Gardens

Di lingkungan kelas atas South Yarra, Anda akan menemukan Royal Botanic Gardens. Ini adalah oasis hijau subur yang hanya beberapa langkah dari jantung kota Melbourne, tetapi rasanya sejuta mil jauhnya. Di dalam Royal Botanic Gardens, Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang Australian Forest Walk, mengagumi spesies lokal dan kehidupan tanaman di sepanjang jalan. Tarik napas dalam-dalam saat berada di Rose Collection, rangkaian bunga berwarna-warni dengan suasana yang sangat romantis. Untuk suguhan istimewa, pergilah ke Danau Hias. Di pantai, Anda dapat mengikuti tur berpemandu singkat dari punt, perahu kecil yang memungkinkan Anda melihat taman dari perspektif baru.