Nusa Penida

Bali memang menyimpan banyak destinasi indah yang belum tereksplorasi, salah satunya Nusa Penida. Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Bali dan dipisahkan oleh Selat Bandung, namun masih termasuk dalam Provinsi Bali. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, maka Anda akan mengalir melalui laut dari Bali. Pulau Nusa Penida merupakan salah satu yang paling berkembang karena infrastruktur berupa jalan yang memadai.

Spot paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Kelingking dan Bilabong yang sangat populer di Instagram, namun Nusa Penida memiliki banyak pulau di wilayahnya, dan terdapat tiga pulau utama yaitu Nusa Lembongan, Nusa Gede dan Nusa Ceningan. Berikut beberapa tempat wisata menarik yang bisa anda temukan di Nusa Penida Bali.

Pantai Pasig Ulug merupakan salah satu pantai favorit para wisatawan yang datang ke Nusa Penida. Pantai yang terletak di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida ini memiliki ciri khas berupa tebing yang menjorok ke laut. Pantai ini memang sangat alami dan juga tidak memiliki pura seperti pantai di Bali pada umumnya. Selain itu suara ombak di pantai ini sangat tenang dan airnya sangat jernih serta warnanya yang masih biru alami.

Pantai Angel Billabong

Suasana di sekitar pantai juga sangat tenang yang membuat banyak orang datang ke tempat ini untuk menenangkan diri sekaligus melepas penat. Karena selain suasananya yang sepi, Anda juga bisa melihat ikan pari dan penyu berenang di air biru.

Untuk spot foto yang menarik, kamu bisa mencobanya di tebing yang benar-benar rusak namun masih terhubung dengan sisi lain daratan. Dari tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah. Sedangkan akses untuk mencapai pantainya sendiri bisa melalui Pantai Sanur, Teluk Padang atau Tanjung Benoa.

Seganing Spring terletak di daerah Sebuluh, tepatnya di Desa Cacah. Tempat ini terkenal di Nusa Penida Bali dan merupakan salah satu yang terindah. Anda dapat menikmati air terjun dan pemandangannya yang mengesankan, meskipun untuk dapat mencapai air terjun tersebut Anda harus melewati medan yang cukup berat dengan perjalanan kurang lebih 30 menit.

Meskipun jalan untuk mencapai Mata Air Seganing sangat licin, terjal dan penuh bebatuan yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kemauan yang kuat untuk mencapainya, semua upaya tersebut akan terbayar ketika Anda sampai di tempat yang keindahannya akan membuat Anda bersyukur. . Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa memulai perjalanan melalui Pelabuhan Toyapakeh. Sedangkan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini, Anda bisa mengunjunginya saat musim panas atau kemarau.

Pantai Kelingking

Inilah salah satu atraksi dan petualangan bawah laut paling menarik di wilayah Bali. Pasalnya, kawasan ini tak hanya menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah tapi juga petualangan perjalanan yang indah. Keindahan inipun tidak hanya tersaji di lokasi, karena sebelum sampai di lokasi akan melewati perbukitan yang tidak kalah bagusnya.

Di dalam air pengunjung bisa mencoba menyelam dengan beberapa biota laut yang sangat khas seperti hiu biru, hiu bambu dan berbagai jenis ikan lainnya di dalamnya. Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis terumbu karang di kedalaman laut Manta Point ini. Namun semua pengunjung disini disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata untuk menyelam karena tekanan ombak di pantai sangat tidak stabil.

Jika Anda sudah menikmati keindahan Manta Point dan masih ingin menikmati petualangan bawah laut di Nusa Penida Bali, maka jangan lewatkan mengunjungi Malibu Point. Kawasan penyelaman sangat terkenal karena memiliki tingkat visibilitas yang sangat baik. Oleh karena itu kawasan ini banyak dijadikan sebagai tujuan para wisatawan.

Dengan kedalaman sekitar 40 meter di atas permukaan laut, para penyelam sudah bisa menikmati ikan hiu yang sangat akrab dengan manusia. Malibu Point juga memiliki banyak terumbu karang dan corak yang beragam. Tentunya hal ini akan membuat pengunjung mendapatkan pengalaman menyelam yang sangat berbeda.

Gua ini merupakan salah satu gua yang terletak di Desa Suana, Kabupaten Klungkung, Nusa Penida, Bali. Gua Giri Putri memiliki bangunan pura di dalamnya dan juga digunakan sebagai tempat pemujaan bagi warga Bali, dimana gua ini digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.

Panjang Gua Giri Putri kurang lebih 262 meter dan berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Gua ini juga memiliki ciri yang sangat unik dan menarik seperti kelelawar, stalaktit dan stalakmit. Selain di dalam, ada sesaji yang tersebar di dua titik, di mana satu tempat di depan dan tiga sesaji ada di gua ini.

Pantai ini merupakan salah satu pantai paling tenang dan menyenangkan di Nusa Penida. Dimana Pantai Atuh memberikan suasana yang tenang dan selain itu juga diiringi dengan pemandangan yang sangat indah.

Pantai Atuh memiliki pasir putih yang sangat indah dan air biru serta ombak yang tenang. Pantai ini membentang sekitar 500 meter dengan tepiannya dibatasi oleh dua pulau yang sering disebut Batu Abah. Akses menuju pantai yang terletak di kawasan Banjar Pelilit Desa Pinginutan ini dapat diakses melalui jalan setapak kurang lebih 50 menit dengan medan yang datar dan terjal.

Pulau Nusa Penida

Friends of National Park Foundation (FNPP) & Bird Sanctuary merupakan penangkaran burung yang berlokasi di Nusa Penida yang didirikan dengan tujuan untuk melestarikan populasi Burung Jalak Bali. Perlu diketahui bahwa sebelumnya burung Jalak Bali ini hanya dipelihara di Taman Nasional Bali Barat atau TNBB, dan dengan adanya FNPP & Suaka Burung maka di Nusa Penida juga terdapat jarak penangkaran jarak Bali.

Itulah beberapa spot menarik yang bisa anda kunjungi selama berada di Nusa Penida Bali. Meski memang masih banyak tempat wisata baik di nusa penida maupun di bali yang belum tereksplorasi oleh masyarakat. Selalu perhatikan menjaga lingkungan saat Anda berlibur untuk memastikan ekosistem di sana tetap baik.