Ada banyak hal yang menarik untuk dilakukan di Haridwar selain berjalan-jalan tanpa akhir di tepi Sungai Gangga. Saksikan dalam arti malam yang mengilhami di Har ki Paudi, jelajahi surga harimau Taman Nasional Rajaji, buat satu atau dua permintaan di Kuil Chandi Devi, pelajari lebih lanjut tentang ilmu kuno Ayurveda di Patanjali Yog Peeth atau dapatkan pemandangan mata burung dari kota dari Kuil Mansa Devi. Bagi mereka yang mencari lebih banyak, jalur vintage kota ini dilapisi dengan havelis kuno dengan kisah-kisah mitologi Hindu terukir di hampir setiap sudut.

1. Safari di Taman Nasional Rajaji

Berbeda dengan keindahan pemandangannya yang masih asli dan keanekaragaman hayati yang kaya, Taman Nasional Rajaji terletak di sepanjang kaki pegunungan dari jajaran Shivalik dan memamerkan ekosistem Shivalik. Rajaji adalah salah satu suaka margasatwa utama India utara, dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat flora dan fauna di wilayah terai. Taman ini dinamai setelah pejuang kemerdekaan akhir Sri C. Rajgopalachari, yang secara populer disebut sebagai ‘Rajaji’. Taman ini dibuat kembali pada tahun 1983, setelah mengintegrasikan tiga tempat perlindungan – Rajaji, Motichur dan Chilla – ke dalam kawasan lindung yang besar. Naik gajah di pagi atau sore hari, dan bersiap-siap untuk melihat sebanyak 23 spesies mamalia dan 315 burung.

2. Tontonlah Arti Malam di Har ki Paudi

Ini adalah salah satu atraksi utama bagi mereka yang bepergian ke Haridwar dan Rishikesh untuk tujuan keagamaan. Ini diyakini sebagai titik keluar Gangga dari pegunungan dan masuk ke dataran. Ghat juga dikenal sebagai Brahma Kund, dan dibangun oleh Raja Vikramaditya untuk mengenang saudaranya, Brithari yang sering bermeditasi di tepi sungai Gangga. Sejarah mencatat jejak kaki Dewa Wisnu di atas salah satu batu yang ada di ghat, yang merupakan tempat situs keagamaan ini mengambil namanya. Ini dianggap sebagai titik paling sakral dan menguntungkan untuk mandi di Gangga selama Kumbh yang diadakan setiap 12 tahun, dan berendam adalah praktik suci yang diyakini dapat membersihkan mereka yang melakukan dosa duniawi.

3. Naik Kereta Gantung ke Mansa Devi

Kuil Mansa Devi adalah salah satu tempat paling terkenal untuk dikunjungi di Haridwar dan juga di antara tiga siddha peethas di kota. Bertengger di atas Bilwa Parvat dari daerah Shivalik di Himalaya, pusat keagamaan ini sangat penting dan dihormati. Kuil ini diduga merupakan salah satu tempat tinggal Dewi Hindu Parvati, yang lainnya adalah Kuil Chandi Devi. Ratusan umat mengunjungi kuil setiap hari karena sangat dihormati oleh umat Hindu. Jumlahnya bertambah dengan bermacam-macam selama perayaan Navratra dan Kumbh Mela. Dianjurkan untuk mengunjungi kuil di pagi hari untuk menghindari keramaian. Anda dapat menikmati pemandangan seluruh kota yang mengesankan dari atas kuil, perjalanannya, dan kereta gantung yang menuju ke sana akan membuat Anda lelah.

4. Dapatkan Wawasan Tentang Yoga dan Praktik Ayurveda di Patanjali Yog Peeth

Terletak di Haridwar, ini adalah pusat aktivitas Yoga dan Ayurveda di India. Dinamai setelah Maharishi Patanjali yang menemukan Yoga 5000 tahun yang lalu, ashram dijalankan di bawah bimbingan Swami Ramdev Ji Maharaj yang telah menghidupkan kembali Yoga dan membantu menyebarkannya ke seluruh dunia. Patahnajali Yog Peeth menyediakan pengunjung dengan beberapa fasilitas termasuk kelas-kelas Yoga di mana Anda mengajarkan teknik-teknik kuno seperti Tattva Yoga, Yoga Kriya, Hatha Yoga, dan Ashtana Yoga. Pengunjung dapat tinggal di akomodasi di tempat dan memanfaatkan terapi kesehatan alami, perawatan ayurveda, kantin, pusat OPD, dan terapi yang ditawarkan kepada pasien dengan penyakit jangka panjang. Terletak di tengah-tengah lingkungan yang terawat baik dan higienis, ini pasti patut dikunjungi jika Anda tertarik untuk belajar yoga atau membenamkan diri dalam meditasi.

5. Saksikan Ritual Malam yang Menarik di Kuil Daksha Mahadev

Pecinta mitologi Hindu tidak dapat melewatkan kunjungan ke Kuil Daksha Mahadev di Haridwar. Sesuai cerita, candi ini adalah tempat Dewi Hindu Parvati (Sati) melompat ke api suci dan mati setelah ditolak oleh ayahnya. Pertempuran sengit berkobar antara Dewa Hindu Siwa dan ayahnya Daksha. Selain signifikansi religiusnya, candi ini adalah bagian arsitektur yang menakjubkan di samping Sungai Gangga yang mengalir dengan tenang wisata surabaya. Kompleks candi juga memiliki kuil kecil yang didedikasikan untuk Sungai Gangga di daerahnya. Arti malam adalah urusan rumit di sini, dengan alat musik kuno dan ritual di tempat.

6. Buat Permohonan di Kuil Chandi Devi, Siddha Peetha

Ini adalah salah satu kuil paling kuno di Haridwar. Bertengger di puncak Neel Parvat di Shivaliks, kuil ini dibangun atas perintah Raja Suchat Singh dari Kashmir pada tahun 1929. Siddha Peetha yang sangat dihormati, tempat suci kuil ini menampung berhala utama yang berasal dari abad ke-8. Situs candi diyakini sebagai tempat peristirahatan Dewi Chamunda selama pertempurannya dengan setan bernama Shumbha dan Nishumbha. Kuil ini dikelilingi oleh hutan lebat dan merupakan titik pandang sempurna bagi para fotografer. Itu dapat diakses melalui tiga km perjalanan atau kereta gantung yang menghubungkannya ke kota.