Dengan pantai-pantai yang masih asli, kota-kota kolonial yang indah, dan pulau-pulau tropis yang berlimpah, sulit untuk memahami mengapa Nikaragua sangat jarang muncul dalam rencana perjalanan orang-orang. Mungkin tetangga ekowisatanya yang sangat populer, Kosta Rika, telah mencuri semua pusat perhatian. Atau mungkin kedekatannya dengan Honduras yang berbahaya secara historis membuat orang menjauh.

Either way, Nikaragua telah duduk dalam kegelapan terlalu lama. Saatnya muncul di daftar perjalanan Anda. Dengan label harga yang akan meregangkan anggaran Anda jauh lebih banyak daripada banyak tempat wisata lainnya, ada lebih dari cukup untuk menghibur Anda selama berminggu-minggu. Dengan mengingat hal ini, inilah pilihan kami untuk tempat teratas untuk dijelajahi di Nikaragua.

1. Granada

Penuh dengan arsitektur kolonial yang indah dan warna-warna cerah, Granada adalah tempat yang sempurna untuk memperkenalkan diri Anda ke dalam budaya Nikaragua. Kota kolonial ditemukan di tepi Danau Nikaragua. Alun-alun utama selalu menjadi pusat aktivitas karena para pelancong dan penduduk setempat berkumpul di sana untuk bersantai dan makan raspados, semangkuk es serut yang dilapisi sirup manis.

Di depan alun-alun adalah jalur utama di mana restoran menyajikan masakan dari seluruh dunia. Para pelayan yang ramah bersaing untuk mendapatkan kustom Anda dan bar koktail meledakkan ketukan reggaeton sementara peminum menyesap minuman buah. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk menjelajahi daerah sekitarnya dalam serangkaian perjalanan sehari. Granada terletak dekat dengan Lago Nikaragua, Laguna de Apoyo dan Masaya, yang terkenal dengan pasarnya yang besar dan luas.

2. Pulau Ometepe

Tidak sering Anda menemukan pulau vulkanik yang terletak tepat di tengah danau. Apalagi yang penuh dengan keindahan alam seperti Isla de Ometepe. Kota-kota Moyogalpa dan Altagracia menyediakan pulau dengan lebih banyak ruang perkotaan. Sementara beberapa desa kecil seperti Balgue menawarkan pengunjung kesempatan untuk berhubungan kembali dengan alam.

Ojo de Agua, laguna air tawar yang menakjubkan, adalah tempat yang indah untuk bersantai selama sehari. Kemudian pergilah ke Punta Jesus Maria, hamparan pasir hitam yang mengarah ke danau, tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam yang luar biasa. Tentu saja, jika Anda menyukai tantangan nyata, Anda juga dapat mendaki gunung berapi dan menemukan air terjun ajaib dan anak sungai berbatu dalam perjalanan Anda.

3. Leon

Kota kolonial lainnya, Leon memiliki beberapa perbedaan penting dengan Granada. Sebagai permulaan, ini adalah rumah bagi olahraga naik gunung berapi yang terkenal. Ini terdiri dari para pencari sensasi mendaki ke puncak gunung berapi dan kemudian meluncur ke bawah di atas kereta luncur darurat. Meskipun kedengarannya seperti ide gila, itu sebenarnya cukup menyenangkan.

Untuk sesuatu yang sedikit lebih santai, Katedral di Leon adalah yang terbesar di seluruh Amerika Tengah dan sangat menarik untuk dijelajahi. Anda bahkan dapat naik ke atap untuk melihat pemandangan kota yang luar biasa. Kota itu sendiri kaya dengan sejarah dan memiliki butik, kafe, kios pasar, dan restoran gourmet di setiap sudut.

4. Pulau Jagung Kecil

Selamat datang di Pulau Jagung Kecil, saudara perempuan dari Pulau Jagung Besar yang lebih kecil, tetapi jauh lebih indah. Kunjungan ke sini akan membawa Anda kembali ke masa lalu ke era jauh sebelum pariwisata dan bahkan sebelum kolonialisme. Ketika dunia adalah tempat yang jauh lebih sederhana. Dengan luas hanya 1,6 km persegi, pulau ini mudah dicapai dengan berjalan kaki dan benar-benar terasa benar-benar tak tersentuh. Listrik jarang dan biasanya hanya dinyalakan di malam hari, memberi pengunjung alasan sempurna untuk memutuskan sambungan sebentar.

Kegiatan sehari-hari termasuk berbaring di tempat tidur gantung, bersantai di pantai, berenang di laut dan berjalan-jalan. Satu-satunya tantangan nyata tentang pulau ini adalah menuju ke sana. Pilihannya adalah naik pesawat kecil dari Managua atau perjalanan perahu panjang. Namun, itu sepadan dengan usaha untuk waktu relaksasi tanpa batas yang tersedia untuk Anda pada saat kedatangan.

5. San Juan del Sur

Setelah Anda menyelesaikan detoks digital di Little Corn Island, San Juan del Sur adalah tujuan yang sempurna untuk kembali ke kehidupan nyata. Dengan beragam aktivitas siang dan malam, kota pesisir kecil ini dijamin akan membuat Anda penuh energi. Pantai di San Juan del Sur tentu saja layak mendapat perhatian, tetapi pantai-pantai yang sedikit lebih jauh juga layak untuk dikunjungi. Anda akan dimanjakan dengan pilihan dan berharap bisa tinggal selamanya.

Ada juga peluang bagus untuk melihat penyu datang ke pantai untuk bersarang, tontonan yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun. Di malam hari, saatnya untuk menikmati beberapa minuman di salah satu bar tepi pantai dan berdansa sepanjang malam saat panas mulai menguap.